4 Keutamaan dan Hikmah Dari Ziarah Kubur

Info Terupdate-  Ziarah kubur merupakan suatu amalan yang sangat baik untuk dilakukan oleh seorang muslim, yang berarti mengunjungi pemakaman atau kuburan Ayah, ibu dan sauadara maupun kuburan para ulama maupun kuburan dari para Aulia Aullah SWT, dalam islam, hukum dari ziarah kubur ini sendiri dibolehkan untuk dilakukan oleh setiap muslim didunia, dan Nabi Muhammad Sendiri telah menyuruh untuk melakukannya.

Untuk dalil bolehnya menziarahi kubur Nabi sendiri pernah menyebutkan dalam sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut ini: 
Dahulu saya melarang kamu untuk melakukan Ziarah Kubur, akan  tetapi sekarang lakukanlah Ziarah Kubur itu  karena perbuatan Ziarah Kubur bisa mengingatkan kamu semua akan alam Akhirat (Hadist ini di Riwayat oleh Ibnu Majah no. 1569) ”.
Lalu Perintah untuk Melakukan Ziarah Kubur ini oleh Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya yang Hadist ini di riwayat oleh Muslim yang berbunyi,
ziarahlah Kubur karena Ziarah Kubur bisa mengingatkan Kamu akan Kematian (HR. Muslim no. 108) ”.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan yang bahwa menziarahi kubur adalah bukan perkara bid'ah yang diutarakan oleh sebagian orang yang mengaku alim dan mempunyai ilmu agama, akan tetapi ziarah kubur adalah perbuatan yang sangat baik untuk kita lakukan karena dengan melakukannya kita bisa mengingat lebih baik akan kematian yang akan memberi efek yang baik untuk kehidupan kita, maka dari itu lakukanlah ziarah kubur karena hal itu adalah utama untuk kita lakukan dan sangat baik untuk dilakukan oleh setiap muslim berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW diatas.

Karena begitu besarnya keutamaan dan manfaat dari ziarah kubur yang akan diterima oleh orang yang  akan menziarahi kubur maka lakukanlah ziarah kubur untuk sehari sekali, seminggu sekali dan mungkin bisa sebulan sekali, dan Keutamaan Melakukan Ziarah Kubur dan Manfaat Melakukan Ziarah Kubur sendiri cukup banyak sehingga sangat disayangkan jika tidak pernah melakukan Ziarah Kubur semasa hidupnya.

4 Keutamaan Ziarah Kubur :

1. Akan mendapat pahala amalan sunnah.
Dalam islam melakukan ziarah kubur akan menjadi amalan sunnah untuk kita lakukan dan akan meningkatkan rasa kecintaan kita kepada Allah SWT dan akan membuat hati kita lebih mengingat dunia akhirat ketimbang mengingat hal yang berbau duniawi, karena dengan melakukan ziarah kubur kita telah melakukan hal yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

2.  Membantu mengingat kematian.
Keutamaan menziarahi kubur yang kedua adalah akan membantu mengingat kematian yang akan menimpa setiap ummat manusia, karena dengan melakukan perbuatan ziarah kubur maka kita akan senantiasa mengingat bahwa kita suatu saat akan meninggal dan akan memasuki juga alam kuburan seperti yang telah mereka rasakan terlebih dahulu, dan hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits nabi ” Berziarah Kubur karena Ziarah Kubur bisa mengingatkanmu akan dunia Akhirat (HR. Ibnu Majah) ” dan didalam Hadist Riwayat Muslim yg berbunyi, ” Berziarah Kubur karena Ziarah Kubur bisa mengingatkanmu akan Kematian (HR. Muslim) ”.

3. Akan melembutkan hati.
Untuk keutamaan menziarahi kubur yang ketiga yang akan didapatkan oleh orang yang melakukan ziarah kubur adalah melembutkan hati mereka, hal ini telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh hakim yang berbunyi sebagai berikut ini, 
Dahulu saya  melarang untuk ziarah Kubur, namun sekaran ziarahlah Kubur karena dengan Ziarah Kubur akan dapat melembutkan hati, dan membuat Air Mata Berlinang (Menangis) dan dapat mengingatkan kamu akan dunia Akhirat. Namun jangan sampai kalian mengatakan perkataan yang tak pantas (Jorok) ketika kalian berziarah kubur (Hadist Riwayat Al Hakim).
4. Membuat hidup lebih Zuhud terhadap Duniawi.
Keutaman ziarah kubur yang selanjutnya yaitu akan membuat hati penziarah zuhud terhadap dunia yang maknanya yaitu kita akan merasa lebih bercukupan terhadap dunia dan akan bersyukur terhadapa apa yang diberikan oleh Allah terhadap kita dan tidak iba terhadap dunia yang akan membawa orang yang melakukannya hina, hal ini juga diterangkan oleh Nabi Muhammad dalam hadits yang bunyinya sebagai berikut ini: ” Dahulu saya  melarang kalian untuk melakukan ziarah Kubur, tetapi untuk sekarang ziarahlah Kubur karena dengan Ziarah Kubur akan  membuat kalian ZUHUD terhadap kehidupan Dunia dan bisa mengingatkan kamu semua akan Akhirat (Hadist Riwayat Al Haakim no. 1387) ”.

Untuk keutamaan ziarah kubur selanjutnya yaitu  akan memberi manfaat yang banyak yang akan dirasakan oleh orang yang dalam kubur karena dengan ziarah kubur kita akan mendoakan mereka dan akan membaca al-Qur'an disana, dan dengannya kita akan memberi cahaya dan penerang atau sebagai amalan tambahan bagi mereka. demikianlah 4 keutamaan dari ziarah kubur yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Keutamaan dan Hikmah Dari Ziarah Kubur"

Post a Comment