Inilah Keutamaan Dan Fadhilah Membaca Ayat Kursi

Info Terupdate- Para ulama berbeda pendapat dalam memaknai "Kursi". Sebagian ulama mengatakan kalau "Kursi" tersebut adalah Ilmu Allah swt yang mencakup kepada bumi dan langit.

Adapula yang mengatakan kalau "Kursi" tersebut adalah satu makhluk yang sangat besar dan terletak di langit ke tujuh. "Kursi" tersebut dipegang oleh empat Malaikat, setiap Malaikat punya empat wajah. Kaki mereka berdiri di atas batu yang terletak di bawah lapisan bumi yang ke tujuh.

Ayat kursi adalah salah satu ayat paling Afdhal yang pernah disebutkan dalam Alquran, karena nilai ke-Tauhid-an yang terkandung dalam ayat tersebut tidak ada pada ayat lainnya. Nilai tersebut secara umum adalah substansi yang mencakup kepada permasalahan tentang kesempurnaan pada Allah dan menafikan segala bentuk kekurangan.

Fadhilah dan kelebihan tersebut banyak terdapat dalam hadits Nabi saw, seperti orang yang membacanya saat keluar rumah, maka Allah akan menjaga orang tersebut hingga dia kembali.

Nabi saw pada kesempatan lain juga pernah mengatakan kalau orang yang membaca ayat kursi setiap selesai shalat lima waktu, tidak ada yang menghalanginya memasuki surga kecuali mati. Rumah yang di dalamnya dibacakan ayat Kursi, maka setan akan pindah dari rumah tersebut selama tiga puluh hari, dan tidak akan terkena sihir selama empat p

Sayyidina Ali ra pernah mendapat wasiat langsung dari nabi saw supaya mengajarkan ayat tersebut kepada keluarga dan tetangga beliau. Menurut nabi saw, Allah akan memberikan keamanan kepada orang yang membacanya, keluarganya, tetangganya, tetangga dari tetangganya dan rumah-rumah yang ada di sekelilingnya.

Al-quran adalah pemimpin dari segala kalam. Pemimpin dari semua surat dalam Alquran adalah Al-baqarah, dan pemimpin dari semua ayat dalam surat Al-baqarah adalah ayat Kursi. Rasulullah saw sendiri juga pernah menegaskan jika dalam ayat kursi itu terdapat Ismu ‘adham yang mana jika disebutkan dalam doa, maka akan diterima doa tersebut tanpa ada yang menghalangi.

Ismu ‘adham dalam ayat tersebut adalah kalimat: اللّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَالْحَيُّ الْقَيُّوم Sebenarnya, kelebihan ayat Kursi sangat banyak. Dalam tulisan singkat ini, penulis hanya mengutip beberapa saja sebagai bukti tentang kebenarannya. Allah menciptakan "Kursi" karena disitu terdapat hikmah, bukan karena Allah swt membutuhkannya, sama halnya seperti penciptaan Arasy.

0 Response to "Inilah Keutamaan Dan Fadhilah Membaca Ayat Kursi"

Post a Comment