Cegah Pungli Di Kelurahan, Camat Di Makasar Pasang CCTV

Info Terupdate- Kecanggihan sistem teknologi informasi dimanfaatkan petugas kantor Kecamatan Rappocini, di Makassar, untuk memonitor pelayanan publik di wilayahnya.

Proses pemantauan pelayanan publik di 10 kantor kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Rappocini dipantau dari "Control Room" yang ada di kantor Camat Rappocini, di jalan Teduh Bersinar, Makassar.

Selain memantau dari kamera CCTV yang telah dipasang sebelumnya di kantor kelurahan, dari control room yang diberi nama Wall Room ini, Camat Rappocini Hamri Haiyya juga dapat melakukan Teleconference dengan para Lurah-nya.

Staf bagian pelayanan kantor Kecamatan Rappocini, Andika Perdana Putra pada Detikcom, Selasa (18/10/2016), menyebutkan sistem monitoring melalui kamera CCTV ini dapat diketahui aktivitas pelayanan publik di tiap kantor lurah se-Rappocini, serta dapat mengetahui keaktifan para pegawai kantor kelurahan dan sistem keamanan kantor lurah.

"Pak Camat dapat berinteraksi langsung dengan para Lurah dan warganya, dengan demikian bisa menghemat waktu dan biaya dalam proses pelayanan publik di kantor lurah se-Rappocini," tutur Andika.

Selain teknologi Control Room, di Kantor Camat Rappocini juga terdapat Sosial Media Room, yakni ruang untuk memantau informasi dan keluhan warga Rappocini melalui sosial media, seperti Twitter, Facebook dan Grup WhatsApp. Warga Rappocini yang memiliki keluhan seputar pelayanan publik di Kec. Rappocini, dapat menghubungi Call Center kantor Camat Rappocini, di nomor 085240240535.

"Ruang Sosmed ini untuk memantau keluhan warga yang disampaikan lewat media sosial, selain itu juga sebagai ruang untuk memberi informasi pada warga Rappocini, seperti kegiatan-kegiatan kemasyarakatan atau kegiatan kerja bakti kebersihan," tambah alumni Ilmu Pemerintahan Unhas ini.

Inovasi pelayanan publik di kantor Camat Rappocini ini menjadi percontohan bagi 13 kantor camat lainnya yang ada di Makassar, yang diresmikan Wali Kota Makassar, Ramdhan "Danny" Pomanto pada 19 September 2016 lalu. Selain memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, di kantor Camat Rappocini juga terdapat Bank Sampah dan Vertical Garden, sebagai bentuk partisipasi para pegawai kantor Camat Rappocini dalam menjaga keasrian lingkungan hidup di Makassar. 

0 Response to "Cegah Pungli Di Kelurahan, Camat Di Makasar Pasang CCTV"

Post a Comment