Subhanallah..!!!! Luar Biasa Kelebihan Orang Azan

Info Terupdate-  Azan merupakan seruan mulia untuk mengumpulkan seluruh kaum muslimin dan muslimat untuk menjalin hubungan kekeluargaan dan kesatuan tanpa ada pendiskreditan dan diskriminasi sosial. 

Sebelum memasuki shalat wajib, disunnahkan bagi kaum laki-laki untuk mengumandangkan azan dan iqamah,sekalipun tetangga mesjid sudah melantunkan azan. Untuk kaum wanita hanya disunnahkan iqamah saja.

Untuk melantunkan kata kata yang indah tersebut sebagai seruan utama umat islam, azan dan para yang mengumandangkan kalimat-kalimat suci tersebut mendapat keistimewaan sendiri dihadapan Allah SWT. Diantaranya;

1. Terlepas dari api neraka.
Sebagaimana sabda nabi: barangsiapa azan untuk shalat selama tujuh tahun,karena mengharap ridha Allah maka Allah akan melepaskannya dari api neraka. (H.R Tirmizi dan ibnu majah dari jabir).

2. Akan mendapatkan surga Allah.
Nabi SAW pernah bersabda: barangsiapa azan selama dua belas tahun karena mengharap ridha Allah,maka ia wajib mendapatkan surga.(H.R ibnu majah dan hakim dari ibnu umar).

3. Diampuni dosa yang telah lalu.
Nabi SAW pernah bersabda: barangsiapa azan sebanyak shalat lima waktu dengan dasar iman (bahwa azan merupakan perintah syariat)dan hanya karena mengharap ridha dan pahala Allah,maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang terdahulu.

4. Terlepas dari siksa kubur dan jasadnya akan utuh
Berdasarkan hadis nabi bahwa tiga golongan yang dilindungi oleh Allah dari siksa kubur adalah orang yang mati syahid,orang yang selalu azan,dan orang yang wafat dihari dan malam jumat.

5. Mempunyai keutamaan yang tak terhingga.
Abu hurairah berkata: tiga perkara seandainya orang-orang mengetahui apa yang terkandung didalamnya maka tidak diambilkannya kecuali harus diundi terlebih dahulu lantaran mereka ingin memperoleh kebaikan dan keberkahan didalamnya;
  1. Melakukan azan untuk shalat wajib
  2. Bergegas-gegas pergi berjamaah
  3. Shalat pada shaf pertama

(H.R. Ibnu najjar)

6. Doa akan diijabahkan
Dalam sabda yang lain ditegaskan “apabila waktu azan telah tiba,maka pintu-pintu langit dibuka dan doa akan dikabulkan. Dan jika waktu iqamah tiba,maka tidak ada satu dopun yang tertolak”.

7. Akan mendapatkan naungan dihari kiamat kelak
Nabi SAW bersabda: tiga golongan yang mendapatklan naungan dihari kamat kelak dari Allah disaat tidak ada naungan apapun kecuali naungan-Nya yaitu pemimpin yang adil,muazin yang selalu menjaga waktu azan dan pembaca alquran yang setiap malam membaca seratus ayat.

Itulah sekelumit keistimewaan yang diberikan kepada para muazin dan pada azan itu sendiri. Mudah-mudahan dapat menggerakkan jiwa dan hati kita untuk senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mendapatkan keridhaan-Nya. 

Keridhaan Allah tidak kita ketahui dimana letaknya. Ibadah apakah yang mesti kita lakukan untuk bisa mencapai keridhaan-Nya kita tidak tahu. Maka jangan bosan-bosanlah kita dalam beramal sholeh sebagai investasi kita dihari perhitungan kelak.

0 Response to "Subhanallah..!!!! Luar Biasa Kelebihan Orang Azan"

Post a Comment